Pengertian Kanker Serviks dan IVA

Pengertian Kanker Serviks

Kanker serviks adalah salah satu jenis kanker ganas yang menyerang leher rahim wanita yang berasal dari metaplasia epitel di daerah Sambungan Skuamo Kolumnar (SSK) yaitu daerah peralihan mukosa vagina dan mukosa kanalis servikalis. Kanker Serviks disebabkan oleh Human Papilloma Virus (HPV) tipe 16 dan 18.

Sebelum terjadinya kanker didahului oleh perubahan keadaan yang disebut lesi prakanker atau neoplasia intraepitel serviks (NIS), biasanya memakan waktu beberapa tahun sebelum berkembang menjadi kanker.
Melalui skrining atau deteksi dini kita akan mendapatkan manfaat yang besar yaitu bisa diketahuinya sejak dini jika ada lesi prakanker dan bisa ditangani dengan cepat sebelum berubah menjadi kanker.

Kanker serviks bisa dideteksi secara dini dengan Metode IVA Berbasis Pengolahan Citra Digital yang mampu mendeteksi dini kanker serviks.

Metode yang digunakan pada sistem IVA ini adalah dengan pengolahan citra berwarna dengan menilik ruang warna RGB dan segmentasi citra dengan menggunakan Edge Detection dengan GUI agar membantu mempermudah merepresentasikan hasil yang diperoleh serta untuk mendapatkan tampilan sistem yang lebih interaktif. Klasifikasi dari sistem ini adalah untuk menemukan penampakan SSK dan IVA positif atau IVA negatif.


Pengertian Serviks

Dalam bahasa latin, serviks artinya leher. Serviks / leher rahim adalah bagian terendah dari uterus yang menonjol ke puncak vagina yang terletak diantara tulang pinggul dan tuba falopi. Serviks terdiri dari dua bagian yaitu ektoserviks dan endoserviks.


Pengertian Sambungan Skuamosa Kolumnar (SSK)

SSK adalah perbatasan epitel skuamous berlapis dari ektoserviks dan epitel kolumnar endoserviks. SSK sangat dibutuhkan pada proses skrining atau diagnosis kanker serviks.
Pada SSK terdapat epitel kolumner dan epitel skuamous. Diantara epitel kolumner dan epitel skuamous terdapat sambungan Skuamokolumner yang ditandai dengan metaplasia skuamosa. Sambungan Skuamosa kolumnar terlihat sebagai garis yang berbeda diantara daerah kolumnar epitel dan skuamosa. Letak sambungan skuamosa kolumnar yang berhubungan dengan os eksternal (SSK asli) beragam sesuai dengan faktor yang mempengaruhinya seperti usia, perkembangan hormon, trauma kelahiran, penggunaan kontrasepsi oral.


Pengertian Inspeksi Visual Asam Asetat (IVA)

IVA merupakan salah satu proses skrining untuk mendiagnosis keberadaan kanker serviks yang bisa digunakan sebagai metode deteksi dini kanker serviks. Untuk pemeriksaan serviks dengan IVA awalnya dengan menggunakan speculum yang sudah diolesi dengan Asam Asetat 3-5%.

Pada lesi prakanker akan terlihat bercak berwarna putih yang disebut acetowhite epithelum, maka dapat disimpulkan bahwa dari hasil tes adalah IVA positif sehingga dapat ditindak lanjuti dengan melakukan biopsy.

Jika hasil dari test IVA dideteksi adanya lesi prakanker, yang terlihat dari adanya perubahan dinding leher rahim dari merah muda menjadi putih, artinya perubahan sel akibat infeksi tersebut baru terjadi di sekitar epitel. Itu bisa dimatikan atau dihilangkan dengan dibakar atau dibekukan. Dengan demikian, penyakit kanker yang disebabkan human papilloma virus (HPV) itu tidak jadi berkembang dan merusak organ tubuh yang lain.



Ya.... Itulah Pengertian tentang Kanker Serviks dan IVA yang harus diketahui bukan hanya oleh kaum wanita. Dengan mengetahui apa itu Kanker Serviks dan IVA, semoga saja bisa mencegah sedini mungkin munculnya penyakit Kanker Serviks pada wanita
Powered by Blogger.