Mekanisme dan Pedoman Penilaian Prestasi Kerja Kepala Sekolah

More Info:

Mekanisme dan Pedoman Penilaian Prestasi Kerja Kepala Sekolah
Mekanisme dan Pedoman Penilaian Prestasi Kerja Kepala Sekolah

Kepala Sekolah Satuan Pendidikan

Kepala sekolah pada satuan pendidikan merupakan salah satu komponen tenaga kependidikan yang harus memiliki beberapa kompetensi tertentu dalam melaksanakan tugas dan fungsinya.
Kompetensi-kompetensi kepala sekolah ini merupakan salah satu aspek yang bisa menentukan mutu satuan pendidian. Maka dari itu, kepala sekolah harus meningkatkan pula mutu kompetensi-kompetensi yang dimilikinya untuk bisa lebih meningkatkan mutu satuan pendidikan tersebut.


Penialaian dan Tujuan Penilaian Prestasi Kerja Kepala Sekolah

Penilaian

Penilaian adalah suatu proses pengumpulan, pengolahan, analisis dan interpretasi data sebagai bahan dalam pengambilan keputusan. Dengan demikian, setiap kegiatan penilaian, berakhir pada pengambilan keputusan.
Penilaian Prestasi Kerja Kepala Sekolah (PPKKS) merupakan serangkaian proses penilaian untuk menentukan derajat mutu kinerja terhadap target kegiatan kepala sekolah dalam melaksanakan tugasnya.

Penilaian Prestasi Kerja Kepala Sekolah tidak hanya pada aspek karakter individu melainkan pada hal-hal yang menunjukkan proses dan hasil kerja yang dicapai seperti kualitas dan kuantitas hasil kerja, ketepatan waktu kerja, dan sebagainya.


Tujuan Penilaian Prestasi Kerja Kepala Sekolah (PPKKS)

Dalam melaksanakan fungsi dan tugasnya, prestasi kerja kepala sekolah harus dinilai. Penilaian Prestasi Kerja Kepala Sekolah (PPKKS) ini bertujuan untuk:
  1. Memperoleh informasi kinerja kepala sekolah berdasarkan hasil evaluasi tugas kepala sekolah untuk pemetaan prestasi kerja kepala sekolah sebagai acuan kebijakan.
  2. Memperoleh informasi kinerja kepala sekolah berdasarkan hasil evaluasi yang dapat digunakan sebagai dasar pengembangan diri kepala sekolah dalam melaksanakan tugasnya;
  3. Mendapatkan data kinerja kepala sekolah secara kolektif dalam siklus tahunan sehingga dapat diperoleh gambaran umum kinerja kepala sekolah pada tingkat kabupaten kota/provinsi sebagai dasar untuk menentukan mutu kinerja kepala sekolah secara nasional;
  4. Menghimpun data kinerja sebagai dasar untuk menentukan kebutuhan program pembinaan kompetensi mewujudkan kepala sekolah yang profesional dalam rangka meningkatkan penjaminan mutu pendidikan nasional.

Dimensi Kompetensi Kepala Sekolah

Berdasarkan karakteristiknya, Kompetensi Kepala Sekolah yang menjadi fokus utama aspek Penilaian Prestasi Kerja Kepala Sekolah di kelompokkan sbb:

Kompetensi:
  • Kepribadian dan Sosial
  • Kepemimpinan Pembelajaran
  • Pengembangan Sekolah
  • Manajemen Sumber Daya
  • Kewirausahaan
  • Supervisi Pembelajaran

Mekanisme dan Pedoman Penilaian Prestasi Kerja Kepala Sekolah (SLB - SMA - SMK) Tahun 2018

Untuk memperlancar pelaksanaan Penilaian Prestasi Kerja Kepala Sekolah (PPKKS) diperlukan sebuah mekanisme dan pedoman yang akan menjadi sumber acuan baik bagi kepala sekolah sendiri maupun semua pihak yang terkait dalam pelaksanaan PPKKS ini.


DOWNLOAD - Mekanisme dan Pedoman Penilaian Prestasi Kerja Kepala Sekolah Tahun 2018 yang dikeluarkan Bidang Guru dan Tenaga Kependidikan Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat

Powered by Blogger.