Jenis-jenis Perusahaan dan Organisasi Perusahaan

Karakteristik Perusahaan

gedung perkantoran perusahaan Secara umum pengertian perusahaan adalah suatu organisasi yang memiliki sumber daya (input) seperti bahan baku dan tenaga kerja, yanag mana sumber daya itu diproses untuk menghasilkan barang atau jasa (output) yang akan dijual kepada pelanggan. Pelanggan perusahaan dapat berupa individu atau perusahaan lain yang membeli barang atau jasa yang ditukar dengan uang atau barang lain yang berharga.
Tujuan perusahaan umumnya adalah untuk mendapatkan laba tetapi ada juga perusahaan yang mempunyai tujuan untuk kemaslahatan bagi masyarakat. Perusahaan yang mempunyai tujuan bukan untuk mendapatkan laba disebut perusahaan nirlaba.


Jenis-jenis Perusahaan dan Penjelasannya

Berdasarkan karakteristik jenis usahanya, perusahaan diklasifikasikan menjadi tiga, yaitu perusahaan jasa, perusahaan dagang dan perusahaan manufaktur.

  1. Perusahaan jasa adalah perusahaan yang menghasilkan jasa dan bukan barang atau produk untuk pelanggan. Berikut contoh nama perusahaan jasa dan jenis jasa yang ditawarkan kepada pelanggan.

    Contoh Perusahaan Jasa dan Jenis Jasanya

    Nama Perusahaan Jenis Jasa
    Garuda Air Lines
    Hotel Santika
    Telkom
    Disney
    Bank BNI
    Transportasi
    Hotel dan Penginapan
    Telekomunikasi
    Hiburan
    Keuangan
  2. Perusahaan Dagang merupakan perusahaan yang kegiatan usahanya adalah membeli barang dagangan dari pemasok (supplier) kemudian menjual kembali kepada pelanggan. Berikut contoh nama perusahaan dagang dan jenis produk yang ditawarkan kepada pelanggan.

    Contoh Perusahaan Dagang dan Jenis Produknya

    Nama Perusahaan Produk
    Matahari Dept Store
    Toko Buku Gramedia
    Galeri Batik Keris
    Hero Super Market
    Barang-barang Konsumsi
    Buku-buku & Bahan Bacaan
    Pakaian
    Barang-Barang Konsumsi
  3. Perusahaan manufaktur merupakan perusahaan yang kegiatan usahanya adalah membeli bahan baku (input) kemudian mengubahnya menjadi barang yang dijual kepada pelanggan. Berikut contoh nama perusahaan manufaktur dan jenis produk yang ditawarkannya.

    Contoh Perusahaan Manufaktur dan Jenis Produknya

    Nama Perusahaan Produk
    Coca Cola
    Boeing
    Nike
    Sony
    Indofood
    Sido Muncul
    Minuman
    Pesawat Terbang
    Pakaian & Sepatu Olah Raga
    Televisi, dll
    Makanan
    Jamu dan Obat-obatan


Jenis-jenis Organisasi Perusahaan dan Penjelasannya

Selain terdapat beberapa jenis usaha pada suatu perusahaan, dalam praktiknya sering dijumpai klasifikasi perusahaan berdasarkan bentuk badan hukumnya. Ada tiga bentuk perusahaan berdasarkan badan hukumnya, yaitu perusahaan perseorangan, perusahaan persekutuan dan perusahaan perseroan.

  1. Perusahaan perorangan adalah perusahaan yang modalnya dimiliki oleh satu orang pemilik. Pemilik umumnya merangkap juga sebagai manajer.
    Contoh perusahaan perorangan adalah usaha kecil atau UKM (Usaha Kecil Menengah) seperti bengkel, binatu (laundry), salon kecantikan, rumah makan, persewaan komputer dan internet.
  2. Perusahaan persekutuan adalah perusahaan yang modalnya dimiliki oleh dua orang atau lebih untuk menyelenggarakan usaha dengan nama bersama. Perusahaan persekutuan yang banyak dijumpai dalam dunia bisnis di Indonesia adalah Firma dan CV.
  3. Perusahaan perseroan (korporasi) adalah perusahaan yang modalnya terdiri atas saham-saham. Setiap pemegang saham adalah pemilik perusahaan. Pemegang saham dapat perorangan atau perusahaan lain.

    Perseroan dibentuk berdasarkan peraturan pemerintah sebagai suatu badan hukum yang terpisah dari pemiliknya. Pemegang saham bertanggung jawab terbatas sebesar saham yang dimilikinya. Perusahaan perseroan dibedakan menjadi dua yaitu Perseroan Tertutup (PT) dan Perseroan Terbuka (PTbk). Perbedaaan kedua perseroan adalah dapat tidaknya saham perusahaan tersebut diperjual-belikan secara umum melalui pasar sekuritas (Bursa Efek)

Powered by Blogger.