Terbukti Ampuh! Manfaat Dan Khasiat Daun Jambu Biji Sebagai Obat Penderita Demam Berdarah Sesuai Hasil Penelitian

More Info:

Manfaat dan Khasiat Daun Jambu Biji Untuk Kesehatan - Sebagai Obat Demam Berdarah
Bukan Hanya Buah Jambunya Saja, Ternyata Ekstrak Daun Jambu Biji Juga Bisa Dijadikan Untuk Mengobati Penderita Demam Berdarah Dengue (DBD) Yang Teruji Secara Klinis Dan Tanpa Efek Samping


Demam Berdarah Dengue (DBD) akibat gigitan nyamuk Aedes Aegypti merupakan salah satu penyakit yang paling ditakuti karena bisa berujung pada kematian. Setiap tahunnya, diperkirakan terdapat 50 juta - 100 juta kasus DBD dan lebih dari 500.000 kasus demam berdarah dengue di dunia.

Data Indonesia juga menunjukkan bahwa angka kejadian DBD di Indonesia mencapai lebih dari 50 kasus per 100.000 penduduk dengan angka kematian sekitar 1-2 persen dan cenderung semakin meningkat dari waktu ke waktu.

Demam Berdarah Dengue banyak ditemukan di daerah tropis dan sub-tropis. Data dari seluruh dunia menunjukkan Asia menempati urutan pertama dalam jumlah penderita DBD setiap tahunnya. Sementara itu, terhitung sejak tahun 1968 hingga tahun 2009, World Health Organization (WHO) mencatat negara Indonesia sebagai negara dengan kasus DBD tertinggi di Asia Tenggara.

Penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD) masih merupakan salah satu masalah kesehatan masyarakat yang utama di Indonesia. Jumlah penderita dan luas daerah penyebarannya semakin bertambah seiring dengan meningkatnya mobilitas dan kepadatan penduduk.


Penelitian Daun Jambu Biji Tua Untuk Mengatasi Penderita DBD

Dari hasil penelitian pada ekstrak daun jambu biji untuk pengobatan DBD sejak tahun 2003 yang dilakukan oleh Badan Pengawas Obat dan Makanan (POM) bekerja sama dengan Fakultas Kedokteran dan Fakultas Farmasi Universitas Airlangga (Unair) Surabaya, menyatakan bahwa kelompok senyawa tanin dan flavonoid sebagai quersetin dalam ekstrak daun jambu biji dapat menghambat aktivitas enzim reverse trancriptase yang berarti menghambat pertumbuhan virus RNA

Pada hasil pelitian tersebut ekstrak daun jambu biji terbukti dapat menurunkan permeabilitas pembuluh darah. Dan dilaporkan juga bahwa ekstrak daun jambu biji terbukti dapat meningkatkan jumlah sel hemopoetik terutama megakariosit pada preparat dan kultur sumsum tulang. Pada uji keamanan (toksisitas), ekstrak daun jambu biji termasuk zat yang praktis tidak toksik.
Dari hasil penelitian itu juga menunjukkan bahwa pemberian ekstrak daun jambu biji dapat mempercepat peningkatan jumlah trombosit tanpa menimbulkan efek samping berarti.


Manfaat dan Khasiat Ekstrak Daun Jambu Biji Untuk Penderita Demam Berdarah

Sangat banyak mamfaat dan khasiat jambu biji untuk kesehatan. Banyak yang menyarankan buah jambu biji (terutama jambu biji merah) untuk mengobati atau meringankan penderita demam berdarah.
Bukan hanya buah jambu bijinya saja, tapi daun jambu biji tua pun ternyata mengandung berbagai macam komponen yang berkhasiat untuk mengatasi penyakit demam berdarah dengue (DBD) yang teruji secara klinis. Daun jambu biji bisa dijadikan sebagai salah satu alternatif pengobatan murah meriah sebagai solusi untuk menangani orang yang terkena DBD.

Adapun beberapa manfaat dan khasiat ekstrak daun jambu biji bagi penderita demam berdarah adalah:

  • Menghambat pertumbuhan virus RNA
  • Mempercepat peningkatan jumlah trombosit
  • Menghambat perkembangan virus dengue
  • Menurunkan kebocoran plasma darah


Untuk lebih memaksimalkan manfaat dan khasiat ekstrak daun jambu biji ini bisa di ramu bersama dengan angkak (yang berfungsi untuk meningkatkan trombosit dan merangsang regenerasi sel trombosit muda) dan elektrolit (yang berfungsi untuk mengganti kehilangan cairan tubuh)

Powered by Blogger.